Sukasite Web tentang tutorial, trik, serta informasi menarik lainnya.

4 Langkah Mengatasi Google Drive Limit Download dengan Mudah

Cara Mengatasi Google Drive Limit (tumb)

Mendownload merupakan suatu kegiatan menyimpan data dari internet ke dalam internal handphone atau PC kita. Biasanya kita mendownload sebuah data-data penting atau bisa juga sekedar data hiburan seperti game, video, maupun musik. Tidak jarang, biasanya kita menjumpai sebuah data yang didownload dari penyimpanan google drive. Pada kesempatan kali ini sukasite.com akan membahas mengenai cara mengatasi google drive limit.

Google drive merupakan penyimpanan data online (cloud) yang di kembangkan oleh perusahaan google. Salah satu keunggulan dari google drive adalah kecepatan transfer data yang stabil dan cepat, sehingga ketika mendownload sebuah data dari google drive kecepatan tranfer yang dihasilkan lebih cepat dan stabil dari penyimpan online lainnya.

Namun demikian dibalik keunggulan tersebut, google drive juga mempunyai sedikit kekurangan dipenggunaannya. Salah satu kekurangan dari google drive ini adalah batas limit download suatu data perhari, atau bisa dibilang data tidak bisa didownload dalam satu hari ketika sudah mencapai kuota tertentu. Hal ini bisanya disebut dengan limit google drive atau kuota download google drive telah terlampaui.

Apa itu Google Drive Limit ?

Google drive limit merupakan kondisi dimana file yang disimpan pada google drive tidak dapat diunduh. Biasanya file ini tidak bisa diunduh untuk beberapa saat. Hal yang menyebakan google drive limit download adalah file telah melampaui limit download pada tiap harinya.

Contoh File Google Drive Limit
Image : ex. google drive limit

Jika file pada google drive mengalami limit download maka tentunya membuat kita kesulitan untuk mendownloadnya. Tetapi tidak usah khawatir, karena masalah tersebut sebenarnya masih bisa diatasi dengan cara mengatasi google drive limit.

Baca juga :  3 Cara Download Windows Original Terbaru [Gratis]

Cara Mengatasi Google Drive Limit Download

Cara untuk mengatasi googe drive limit download adalah dengan menyalin file ke akun google drive pribadi kita. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan ialah sebagai berikut :

1. Mengakses Halaman Preview File

Pertama, pastikan browser yang digunakan telah terhubung dengan akun Google. kemudian akses halaman file yang telah tersimpan di Google Drive. Jika sebelumnya sudah mencoba untuk mengunduh sebuah file di google drive, maka kamu bisa menemukan file tersebut pada halaman utama Google Drive. Caranya yakni ketikkan http://drive.google.com pada kolom pencarian di browser, selanjutnya tekan Enter.

Kemudian, carilah file yang akan diunduh, klik kanan dan pilihlah menu Get shareable link. Jika muncul pesan bertuliskan Link copied to clipboard, silahkan buka tab baru dan tekan CTRL + V pada kolom pencarian kemudian tekan Enter. Tetapi, jika ingin mengunduh file dari sebuah situs download, kamu tinggal perlu klik link tersebut dan biasanya kamu akan langsung terhubung dengan halaman preview.

Akan tetapi, ada juga beberapa situs unduh yang menyediakan link Google Drive menuju halaman download, bukan halaman preview. Untuk mengetahui halaman mana yang kamu buka, lihatlah URL yang terpampang di kolom pencarian.

Mengakses Halaman Preview File Google Drive

Jika terdapat tulisan uc pada link address seperti gambar di atas, berarti kamu sedang berada di halaman download. Untuk merubah ke halaman preview, langkah selanjutnya adalah mengubah tulisan uc menjadi open, hapus tulisan &export=download, selanjutnya tekan Enter. Setelah itu halaman preview akan muncul dan tinggal melanjutkan langkah-langkah berikutnya.

2. Klik Tombol “Add to My Drive”

Kedua, setelah berada di halaman preview silahkan klik tombol Add to My Drive mirip segitiga di pojok kanan atas. Fungsi dari tombol ini untuk menambahkan file tersebut ke halaman utama Google Drive.

Mengakses Halaman Preview File Google Drive

Setelah mengklik tombol tersebut, tunggulah beberapa saat sampai tulisan Adding to My Drive berubah menjadi Added to My Drive. Kemudian simbol tersebut juga akan berubah menjadi gambar folder.

Baca juga :  3 Cara Screenshot di Laptop Windows dengan Mudah

3. Membuat File Duplikat

Ketiga, buka google drive dan pilih menu Shared with me/Dibagikan dengan Saya. Cari file yang tadi sudah di add to my drive. Setelah itu klik kanan file tersebut dan kemudian pilih menu Make a Copy/Buat Salinan. Fungsi dari menu ini adalah untuk menduplikat file agar berada di penyimpanan google drive pribadi kita.

Membuat file duplikat

Perlu diingat juga, pastikan sisa storage (penyimpanan) google drive cukup untuk menampung ukuran file baru yang akan disalin. Kalau storage penuh, akan muncul pesan Error creating a copy of file bla bla. Jika berhasil, akan muncul tulisan Created copy of file bla bla.

4. Mengunduh File Duplikat

Terakhir, setelah file sudah terduplikat silahkan buka menu My drive/Drive Saya. Cari file yang tadi sudah diduplikat dan klik kanan pada file kemudian pilih menu download. Sampai disini file berhasil untuk didownload.

Mendownload File di Google Drive Limit

File yang berhasil disalin dan berada di My drive biasanya diawali dengan kata copy/salinan. Seperti pada contoh gambar diatas file yang berhasil disalin bernama salinan MP4HD.mp4.

Penutup

Mungkin itu saja untuk tutorial mengatasi google drive limit download. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sukasite Web tentang tutorial, trik, serta informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *