Cara Instal Windows Subsystem for Android di Windows 11

Windows 11 sekarang ini dapat menginstal Windows Subsystem for Android (WSA) di komputer. Pengguna dapat menambahkan dukungan untuk menginstal aplikasi Android dari Amazon Appstore (sideload). Untuk itu pada kesempatan kali ini sukasite.com akan bahas mengenai cara instal Windows Subsystem for Android di Windows 11.

Microsoft telah merilis preview pertama dari dukungan aplikasi android pada Windows 11. Namun, fitur ini masih dalam pengembangan, yang berarti pengguna harus mendaftarkan komputer yang kompatibel di Program Windows Insider, lebih khusus di versi Beta. Pada 15 Februari 2022, microsoft membuat priview WSA pertama tersedia di versi stabil pada Windows 11.

Sehingga ini memungkinkan pengguna untuk menginstal WSA tanpa harus bergabung dengan progam insider. Namun demikian, versi priview pertama ini hanya tersedia untuk perangkat yang berbasis di Amerika Serikat, itu artinya komputer harus disetting di wilayah Amerika Serikat, agar ketika masuk ke Amazon Appstore dapat menginstal aplikasi Android.

Berikut ini adalah cara instal Windows Subsystem for Android di Windows 11 :

1. Persiapan

Untuk menginstal aplikasi Amazon Appstore diperlukan RAM 8 GB (disarankan 16 GB), solid-state drive (SSD), dan prosesor yang didukung (Intel Core i3 Generasi ke-8, AMD Ryzen 3000, Qualcomm Snapdragon 8c, atau lebih tinggi).

Kemudian aplikasi Microsoft Store harus memiliki versi 22110.1402.6.0 atau lebih tinggi. Pengguna dapat memeriksa versi aplikasi Microsoft Store dengan mengklik tombol dapatkan pembaruan di tab Perpustakaan aplikasi store (pojok kiri bawah).

2. Mengaktikan Virtual Machine Platform

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur Virtual Machine Platform. Untuk mengaktifkan fitur virtual machine, pengguna harus memeriksa terlebih dahulu apakah komputer tersebut sudah support UEFI dan mengaktifkannya.

Jika pengguna belum mengaktifkan fitur ini, maka periksa spesifikasi bawaan komputer untuk menemukan detail dan kemudian aktifkan melalui BIOS setting.

Apabila komputer laptop memiliki support UEFI dan sudah di aktifkan, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Virtual Machine Platform pada Windows 11.

Pertama, silahkan buka start menu yang dapat dilakukan dengan menekan tombol berlogo windows pada keyboard.

Kedua, cari pada kolom pencarian program bernama Turn Windows features on or off, kemudian jalankan program dengan memilih pada hasil pencarian teratas.

Ketiga, silahkan ceklis pada kolom pilihan Virtual Machine Platform.

Instal virtual machine platform

Keempat, klik OK dan setelah itu restart komputer laptop.

Finish.

3. Menginstal Windows Subsystem for Android

Langkah berikutnya yang paling penting adalah menginstal Windows Subsystem for Android pada windows 11.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menginstal Windows Subsystem for Android. Mulai dari dengan menginstal Amazon Appstore, kemudian menginstal WSA secara otomatis atau menginstal manual WSA dengan menggunakan perintah pada PowerShell.

Instal Amazon AppStore

Untuk menginstal Amazon AppStore silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka microsoft store dan kunjungi halaman Amazon AppStore.

Kedua, klik tombol instal.

Instal Windows Subsystem for Android 1

Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas, pengguna dapat menginstal aplikasi Android di Windows 11.

Jika memiliki masalah dalam proses instal aplikasi ini, pengguna dapat menginstal WSA secara langsung dengan langkah-langkah di bawah ini.

Instal Windows Subsystem for Android Amazon AppStore

Untuk menginstal Windows Subsystem for Android dengan Amazon AppStore, silahkan ikuti langkah-lahkah berikut ini.

Pertama, silahkan buka halaman aplikasi Windows Subsystem for Android with the Amazon Appstore.

Kedua, klik tombol instal

Instal Windows Subsystem for Android 2

Terakhir, setelah proses instal selesai, maka pengguna dapat menjalankan aplikasi android di windows 11.

Instal Windows Subsystem for Android dengan PowerShell

Jika memiliki komputer yang kurang memenuhi pesyratan sistem WSA, pengguna dapat memaksa instalasi WSA menggunakan perintah PowerShell.

Berikut ini adalah langkah-langkah instal WSA secara manual dengan menggunakan perintah PowerShell.

Pertama, silahkan buka website rd-adguard.net

Kedua, klik dan pilih menu Productid pada kolom paling kiri, kemudian pastekan kode id : 9p3395vx91nr, kemudian pilih menu slow dan klik tombol ceklist.

Instal Windows Subsystem for Android lewat PowerShell 1

Ketiga, klik pada file bernama MicrosoftCorporationII.WindowsSubsystemForAndroid_1.7.32815.0_neutral_~_8wekyb3d8bbwe.msixbundle yang berukuran 1.2GB, nanti setelah di klik file akan terunduh dan tersimpan di komputer secara otomatis.

Instal Windows Subsystem for Android lewat PowerShell 2

Keempat, silahkan buka start menu dan cari program PowerShell.

Setelah ketemu silahkan klik kanan PowerShell pada hasil pencarian teratas, kemudian pilih menu Run as Administrator.

Kelima, ketik perintah berikut dan rubah direktori ke folder dimana file Msixbundle telah di diwnload, kemudian tekan enter.

cd C:\PATH\TO> Add-AppxPackage Msixbundle

Sebagai contoh pada percobaan kali ini file Msixbundle tersimpan di direktori C:\Users\m__l\Downloads dengan nama file Add-AppxPackage MicrosoftCorporationII.WindowsSubsystemForAndroid_1.7.32815.0_neutral_~_8wekyb3d8bbwe.msixbundle

Maka untuk perintah yang di ketikan pada PowerShell menjadi

cd C:\Users\m__l\Downloads> Add-AppxPackage MicrosoftCorporationII.WindowsSubsystemForAndroid_1.7.32815.0_neutral_~_8wekyb3d8bbwe.msixbundle
Instal Windows Subsystem for Android lewat PowerShell 3

Kemudian tekan enter dan tunggu proses instal hingga selesai.

Finish.

Penutup

Itu tadi adalah langkah-langkah cara instal Windows Subsystem for Android (WSA) di Windows 11. Dengan adanya cara ini pengguna tidak perlu susah payah lagi untuk menginstal emulator android pada komputer laptop, untuk menjalan kan program atau aplikasi android.

Mungkin itu saja untuk tutorial instal WSA pada windows 11, semoga tutorial ini bermanfaat. Akhir kata sukasite.com ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Tinggalkan komentar