Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 dengan Event Viewer

Windows XP merupakan windows yang menjadi legenda pada masanya, bahkan semenjak ditutup servernya masih banyak user yang menggunakan. Hal ini dikarenakan windows XP mempunyai kelebihan yang cukup memuaskan, salah satunya event viewer yang begitu cepat dan tidak memakan RAM begitu besar. Pada kesempatan kali ini sukasite.com akan membahas cara mempercepat kinerja windows 10 dengan event viewer.

Event Viewer merupakan progam standar bawaan Windows yang berguna untuk mencatat semua aktivitas sistem operasi yang diproses, termasuk didalamnya proses boot dan Shut Down serta error report. Pada tahun 2016 Microsoft merilis sistem operasi baru yang digadang-gadang performanya akan lebih bagus dari windows XP, sistem operasi tersebut adalah windows 10.

Pada windows 10 juga terdapat fitur event viewer, akan tetapi fitur tersebut tidak bekerja secepat pada windows XP. Jika ingin meningkatkan performa event viewer maka caranya yakni dengan mengaktifkan tweak pada event viewer dengan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mempercepat Kinerja windows 10 dengan Event Viewer

Cara untuk mempercepat kinerja windows 10 dengan event viewer adalah sebagai berikut :

Pertama, buka dan jalankan CMD (command prompt) dalam mode admin, kemudian masukan perintah seperti di bawah ini

regsvr32 els.dll
Mempercepat Kinerja windows  command prompt 1

Kedua, buka Microsoft Management Console (mmc), setelah terbuka maka pilih “File” dan pilih “Add/Remove Snap-in”.

Baca juga :  Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus (Bandel)

Ketiga, pilih Classic Event Viewer pada kiri kolom, kemudian klik “add”, setelah itu pilih local computer dan selanjutnya pilih finish.

Microsoft Management Console 2
Microsoft Management Console 3

Keempat, klik system pada kiri kolom setelah itu buka file kemudian pilih option kemudian ubah console mode menjadi full access dan ceklis pada pilihan “Do not save change to this console” setelah itu apply dan oke.

Microsoft Management Console rubah nama

Kelima, pilih file kemudian save dengan nama CEventVwr.msc dan simpan di C:\Windows atau dapat juga di C:\windows\system32.

Finish.

Penutup

Itu saja untuk tutorial mengenai cara mempercepat kinerja windows 10 dengan event viewer. Jika ada pertanyaan mengenai cara diatas silahkan bertanya di kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa ditutorial berikutnya.

Tinggalkan komentar