Cara Mengaktifkan Fitur Hibernate di Windows 10

Hibernate adalah sebuah fitur sistem operasi windows pada sebuah perangkat laptop yang melakukan penyimpanan kerja memori pada memori virtual (RAM) atau pada Hard Disk. Hibernate memiliki cara kerja seperti Stand by mode, perbedaanya hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena keadaan laptop mati. Sedangkan Stand by dalam keadaan istirahat atau tidur namun masih membutuhkan daya untuk melakukan kerjanya. Pada kesempatan kali ini sukasite.com akan membahas cara mengaktifkan hibernate windows 10.

Bagi pengguna Windows 8.1 atau 10 pasti tidak menemukan pilihan hibernate dioption tombol menu power. Sebenarnya microsoft tidak mengahapus fitur ini, tetapi hanya menyembunyikan pilihan tersebut dari option tombol menu power.

Namun demikian sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan hibernate pada windows 10 kita akan membahas sedikit perbedaan antara shutdown, sleep dan hibernate.

Perbedaan Hibernate, Sleep dan Shutdown

Kondisi sleep adalah keadaan dimana PC/laptop tidak benar-benar mati, masih ada komponen yang menyala, misalnya RAM. sedangkan mode shutdown dan hibernate PC/laptop dalam keadaan benar-benar mati.

Kemudian dalam keadaan sleep data-data pekerjaan atau aplikasi yang sedang berjalan disimpan pada RAM, bukan hardisk. Dalam keadaan hibernate data-data pekerjaan atau aplikasi yang sedang berjalan akan disimpan pada hardisk. Untuk shutdown sendiri tidak ada data-data pekerjaan yang tersimpan baik di hardisk maupun di RAM kecuali pengaturan Operating system saja.

Baca juga :  10+ Aplikasi Edit Suara Terbaik untuk Handphone dan PC

Selanjutnya dalam keadaan sleep, PC/laptop akan menyala paling cepat dibanding mode lainnya. Mode hibernate butuh waktu lebih lama untuk menyala normal kembali dibanding mode sleep, meski tidak selama dari posisi shutdown. Dan untuk shutdown membutuhkan waktu booting ulang paling lama dibanding mode lainnya karena PC/laptop harus memuat seluruh sistem operasi kembali.

Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 10

Jika ingin memunculkan fitur hibernate pada windows 10 caranya cukuplah mudah, untuk lebih detailnya silahkan simak tutorial di bawah ini :

Pertama, buka Control Panel pada windows, kemudian pilih Control Panel > Hardware and Sound > Power Options > Choose what closing the lid does

Menampilkan hibernate power di windows 1

Kedua, klik tulisan “Change settings that are currently unavailable”

Menampilkan hibernate power di windows 2

Setelah itu ceklis pada kolom Hibernate, dan pilih save change

Menampilkan hibernate power di windows 3

dan setelah itu tombol hibernate akan muncul dioption tombol menu power.

Penutup

Mungkin itu saja untuk cara mengaktifkan fitur hibernate di windows. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar