Sukasite Web tentang tutorial, trik, serta informasi menarik lainnya.

Cara Menggabungkan Beberapa Partisi Hardisk Menjadi Satu

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk

Komputer atau laptop yang baru saja kita beli kemungkinan memiliki hardisk yang partisinya dibagi menjadi beberapa bagian. Pada umumnya hardisk tersebut dibagi menjadi 3 partisi, 1 partisi untuk penyimpanan sistem operasi dan yang 2 partisi untuk penyimpanan data individu kita.

Terkadang kita merasa kurang nyaman apabila membagi partisi penyimpanan kita menjadi 2 bagian, maka akhirnya memutuskan untuk menggabungkan partisi hardisk tersebut agar lebih simple dan enak digunakan.

Cara menggabungkan partisi hardisk tidak begitu sulit. Pada tutorial kali ini kita menggunkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk menggabungkan partisi. Aplikasi tersebut yakni AOMEI Partition Assistant.

Alasan menggunakan aplikasi AOMEI Partition Assistant untuk melakukan partisi adalah karena memiliki banyak tool yang sangat berguna. Untuk medapatkan aplikasi AOMEI Partition silahkan unduh disini.

Cara Menggabungkan Partisi Hardisk

Untuk cara lengkap mengenai menggabungkan 2 partisi atau lebih menjadi 1 partisi pada hardisk silahkan simak tutorial dibawah ini;

Pertama, install terlebih dahulu software AOMEI Partition Assistant yang telah kita unduh. Setelah itu buka software tersebut.

Kedua, setelah terbuka softwarenya maka pilih salah satu partisi, kemudian hapus partisi tersebut dengan klik kanan dan delete partition. Usahakan data di partisi tersebut sudah dibackup.

Menggabungkan Partisi Hardisk 1

Tutorial kali ini saya akan menggabukan partisi disk F: dan H:, dan saya memilih untuk menghapus partisi disk H:

Ketiga, setelah menghapus partisi maka akan terbentuk disk unallocated. Selanjutnya klik kanan pada partisi disk yang satunya (F:), kemudian pilih merge partition

Menggabungkan Partisi Hardisk 2

Setelah jendela merge partition terbuka, maka ceklis pada disk yang satu tadi (F:) dengan disk yang sebelumnya kita hapus (H:). Kemudian klik OK.

Menggabungkan Partisi Hardisk 3

Terakhir, kita klik Apply

Menggabungkan Partisi Hardisk 4

Kemudian pilih proceed dan klik yes

Menggabungkan Partisi Hardisk 5

Tunggu prosesnya hingga selesai,

Selesai partisi hardisk

Finish.

Baca juga :  3 Cara Screenshot di Laptop Windows dengan Mudah

Penutup

Itu tadi adalah cara menggabungkan 2 partisi atau lebih menjadi 1 bagian. Perlu diingat, tutorial ini dapat digunakan untuk menggabungkan partisi recovery yang terkadang memiliki ukuran besar. Sehingga sebagian ruang drive yang tidak digunakan untuk recovery OS dapat digunakan untuk penyimpanan data-data pribadi.

Cukup demikan tutorial kali ini. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Sukasite Web tentang tutorial, trik, serta informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *